Daftar Perkebunan Kelapa Sawit Di Sumatera Selatan – Padang, – Terdapat 54 perusahaan perkebunan kelapa sawit berjuluk Ranah Minang di provinsi tersebut, menurut data Otoritas Perkebunan Sumatera Barat (Sumbar). Jumlah tersebut terbagi ke 5 kabupaten penghasil sawit.

Yakni di Pasaman Barat, Kabupaten Agamo, Solok Selatan, Dharmasraya, dan Pesisir Selatan. Namun dari puluhan perusahaan tersebut, hanya 14 perusahaan yang memproduksi minyak sawit mentah (CPO).

Daftar Perkebunan Kelapa Sawit Di Sumatera Selatan

Daftar Perkebunan Kelapa Sawit Di Sumatera Selatan

Yang pertama diantaranya adalah PT. Pasaman Marama Sejahtera. Perusahaan ini memiliki lahan perkebunan kelapa sawit seluas 4.025 hektar. Kemudian PT. Perkebunan Gersinda Minango yang luas kebunnya sekitar 3.600 hektar.

Provinsi Penghasil Ladang Kelapa Sawit Terluas Yang Ada Di Indonesia, Sumsel Masuk Daftar

Berikutnya adalah PT. Perkebunan Bakrie Pasaman. Luas perkebunan perusahaan ini adalah 4.370 hektar. Kemudian PTP. Nusantara VI dengan luas perkebunan kelapa sawit sekitar 3.549 ha

Kemudian kembali ke PT. Perkebunan Nusantara VI memiliki luas taman 4.168. Kemudian PT. Sumatra Jaya Agro Lestari yang memiliki luas lahan kelapa sawit sekitar 4.365 hektar.

PT. Bina Pratama Sakato Jaya yang memiliki luas perkebunan kelapa sawit sekitar 7.751 ha, PT. Sumber Andalas Kencana dengan luas perkebunan 6.704 hektar dan PT. Incasi Raya memiliki taman seluas 2.640 hektar.

Tetap semangat, PT. Perkebunan Salago Makmur dengan luas perkebunan kelapa sawit 6065 ha. PT lainnya. Bina Pratama Sakato Jaya yang memiliki lahan perkebunan kelapa sawit sekitar 5.000 hektar.

Daerah Penghasil Kelapa Sawit Terbesar Di Indonesia

Baris selanjutnya adalah PT. Incasi Raya dengan luas perkebunan kelapa sawit 12.260 hektar, PT. Sumber Andalas Kencana dengan lahan perkebunan kelapa sawit seluas 4.600 hektar dan PT. Sumatra Jaya Agro Lestari memiliki luas 9,44 hektar.

Syafrizal, Kepala Dinas Perkebunan Sumbar, melalui Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Dadang Dinas Perkebunan Sumbar menjelaskan, 54 perusahaan tersebut sebagian besar berlokasi di Pasaman Barat. Yakni, ada 23 perusahaan sawit.

PT. Bintara Tani Nusantara PT. Pasaman Marama Sejahtera PT. Perkebunan Gersinda Minang PT. Permata Hijau Pasaman PT. Perkebunan Anak NP PT. Primatama Mulia Jaya PT. Agrowiratama PT. Laras Internusa PT. PTP Perkebunan Bakrie Pasaman. Nusantara VI PT. Inkut Agritama PT. Ananas Koto PT. Agro Prima Terima kasih PT. AMP PT. Tutas Sakti Jaya PT. CV Agro Sari Merapi. Pasaman Sawita Penghargaan PT. Agro Bisnis Sumber Makmur PT. Sawita Pasaman Jaya PT. Sagu Nauli Pasaman PT. Terima kasih kepada Sawit Sejahtera PT. Bisnis Mandiri Kelapa Sawit PT Andalas Agro Industri (AAI) PT. Karya Agung Mega Utama PT. Mutiara Agam PT. Pelalu Raya PT. Kencana Palm Indonesia PT. Perkebunan Nusantara VI

Daftar Perkebunan Kelapa Sawit Di Sumatera Selatan

PT. Sumatra Jaya Agro Lestari PT. Bina Pratama Sakato Jaya PT. Sumber Andalas Kencana PT. Incasi Raya PT. Andalas Kencana Sumatera Barat PT. Tranco Pratama PT. Perkebunan Salago Makmur PT. Bina Pratama Sakato Jaya PT. Karya Putra Nagari PT. Sumatera Barat Andalas Sawit Indo Jaya PT. Angsana Agro Andalan (AAA) PT. Sheen Permata Palm PT. Oscar Padang Agro Lestari PT. Karbindo Internasional PT. Padang Sumatera Sawindo PT. Padang Khatulistiwa Sumatera

Laksanakan Program Kesatria Di Oki, Kementan Tanam Padi Gogo Di Kebun Sawit Dan Kelapa

PT. Sumber Andalas Kencana PT. Sumatra Jaya Agro Lestari PT. Citatar Cipta Indonesia PT. Pinggiran Bumi Indrapura Jaya PT. Suster Jaya Kayu PT. Bunga Setangkai PT. Banri Rekonindo Jaya PTP. Kepulauan Indonesia merupakan negara dengan kekayaan sumber daya alam yang luas dan melimpah. Salah satu sumber kekayaan yang dipertimbangkan adalah lahan kelapa sawit. Indonesia memiliki beberapa perusahaan kelapa sawit terbesar yang dapat menghasilkan modal besar dari pengelolaan kelapa sawit setiap tahunnya.

Karena volume produksi yang tinggi tersebut, perusahaan kelapa sawit terbesar di Indonesia ini mampu menghasilkan pendapatan yang besar setiap tahunnya. Lalu apa saja perusahaan kelapa sawit terbesar di Indonesia? Nah, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Perusahaan kelapa sawit terbesar pertama di Indonesia adalah Sinar Mas Agro Resources and Technology yang disingkat SMART. Dimana SMART berhasil menjadi salah satu perusahaan kelapa sawit terbesar di Indonesia yang didirikan pada tahun 1962 di bawah naungan Sinar Mas Group milik Eka Tjipta Widjaja.

Menurut laporan keuangan bulan September 2021. pada akhir tahun, SMART meraup pendapatan yang meningkat sebesar 43,19 persen year-on-year. Total pendapatan sebesar Rp 40,38 triliun.

Memahami Perjanjian Inti Plasma Kelapa Sawit Dalam Penyelenggaraan Usaha Perkebunan

Pendapatan ini berhasil karena adanya perusahaan yang memasok produk minyak sawit di luar konsumsi dalam negeri, seperti produksi Filmos. Namun SMART juga mengekspor ke banyak negara, terutama Eropa Timur, Afrika, Timur Tengah, dan Amerika Serikat.

Salim Ivomas Pratama didirikan pada tahun 1992. dan kini menjadi salah satu produsen industri kelapa sawit terbesar di Indonesia.

Perseroan sendiri memiliki 26 kilang minyak sawit di Sumatera dan Kalimantan. Dimana total kapasitas pengolahannya mencapai 6,8 juta per tahunnya.

Daftar Perkebunan Kelapa Sawit Di Sumatera Selatan

Kuartal I 2021, Salim Ivom Pratama berhasil meraup Rp 4,69 triliun. Capaian tersebut dibandingkan periode 2020 sebelumnya, tumbuh sebesar 42 persen menjadi Rp 3,3 triliun.

Website Resmi Pt. Cisadane Sawit Raya

Tak heran jika perusahaan minyak goreng margarin Bimoli dan Palmia kini menjadi salah satu perusahaan kelapa sawit terbesar.

Lalu ada perusahaan kelapa sawit di bawah naungan Sampoerna Group yang didirikan pada tahun 1993 yaitu Sampoerna Agro. Perusahaannya sendiri berlokasi di Pulau Kalimantan dan memiliki lahan kelapa sawit seluas 84.000 hektar.

Pada tahun 2019 Sampoerna Agro berhasil membukukan produksi minyak sawit sebanyak 1,83 juta ton, sedangkan produksi CPO mencapai 385.000 ton.

Hingga tahun 2021 pada kuartal III, Sampoerna Agro mampu meraup pendapatan Rp3,90 triliun atau setara 72,01 persen. lebih tinggi dibandingkan pendapatan kuartal III tahun lalu sebesar Rp 2,25 triliun. Laba bersih adalah 40 miliar. Rp.

Daerah Penghasil Kelapa Sawit Terbesar Di Sumatera Selatan, Banyuasin Masuk Daftar, Juaranya Kabupaten Ini

Lalu ada Dharma Satya Nusantara yang merupakan perusahaan kelapa sawit terbesar kedua di Indonesia. Perusahaan ini berada di bawah naungan Grup Triputra yang terus berkembang dan menjadi salah satu produsen penting di industri kelapa sawit.

Pada tahun pertama 2021 Dharma Satya Nusantara berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp3,3 triliun selama setengah tahun yaitu 5%. lebih banyak dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Sektor usaha kelapa sawit menyumbang Rp2,7 triliun atau sekitar 82 persen terhadap total pendapatan.

Daftar Perkebunan Kelapa Sawit Di Sumatera Selatan

Lainnya adalah Sawit Sumbermas Sarana yang mengelola lahan sawit seluas 93.660 hektar dan plasma 22.862 hektar.

Banyak Pelaku Badan Usaha/perorangan Kebun Kelapa Sawit 25 Ha Keatas Diduga Tidak Punya Izin

Berbasis di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, perusahaan ini memproduksi produk untuk diekspor ke berbagai negara termasuk China, India, Pakistan, dan Bangladesh.

Pada tahun 2021 pada bulan Juni Sawit Sumbermas Sarana mampu mencatatkan total pendapatan mencapai Rp 2,34 triliun. Jumlah tersebut meningkat menjadi 32,09 persen dari pendapatan periode yang sama tahun lalu Rp 1,77 triliun.

PP London Sumatra Indonesia didirikan pada tahun 1906 oleh perusahaan Inggris Harrion & Crossfiled. Saat ini perusahaan telah berkembang pesat menjadi pemain utama di dunia kelapa sawit.

Pada tahun 2019 PP London Sumatra Indonesia mempunyai lahan perkebunan seluas 115.665 hektar yang terbagi atas lahan kelapa sawit 95.637 hektar, lahan karet 15.945 hektar, dan lahan kakao 15.945 hektar.

Indonesia Siap Buktikan Sawitnya Tidak Rusak Lingkungan

Berdasarkan laporan keuangan PP London Sumatra Indonesia berdasarkan informasi Bursa Efek Indonesia, pada semester I tahun 2021 berhasil mencatatkan pendapatan penjualan sebesar Rp 2,17 triliun selama setengah tahun tersebut.

Pendapatan ini meningkat 39 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu menjadi Rp1,56 triliun.

Lalu ada perusahaan kelapa sawit Eagle High Plantations Tbk yang dulu bernama BW Plantation Tbk. Dimana perusahaan ini memiliki kilang kelapa sawit BWPT dengan anak perusahaan di wilayah Kotawaringin Barat dan Kotawaringin Tengah, provinsi Kalimantan Tengah.

Daftar Perkebunan Kelapa Sawit Di Sumatera Selatan

Eagle High Plantations sendiri merupakan salah satu perusahaan kelapa sawit terbesar di Indonesia karena kesuksesan bisnisnya.

Daftar Lengkap Perbandingan Uang Dbh Kelapa Sawit Yang Diterima Tiap Daerah Di Pulau Sumatera, Provinsi Riau Paling Besar

Pada kuartal III 2021 saja, pada kuartal tersebut perseroan berhasil meraih pendapatan sebesar Rp 2,13 triliun, naik dari tahun sebelumnya sebesar Rp 1,61 triliun.

Berikutnya adalah salah satu perusahaan kelapa sawit terbesar di Indonesia, Austindo Nusantara Jaya. Didirikan pada tahun 1993, perusahaan ini telah memiliki lahan seluas 153.000 hektar di Sumatera Utara, Belitung, Kalimantan Barat, dan Papua.

Produk-produk yang dihasilkan perusahaan ini juga kerap diekspor ke berbagai negara, selain untuk pasokan dalam negeri.

Dari segi pendapatan, Austindo Nusantara Jaya berhasil mencapai 169,19 juta. USD atau 60,18 persen. per tahun dibandingkan 2021 Dikonversi ke rupiah, angkanya mencapai Rp 2,4 triliun.

Hutan Terus Dibabat Demi Sawit, Ironinya Minyak Goreng Justru Mahal Halaman All

Bakrie Sumatra Plantations didirikan pada tahun 1986. kemudian berubah menjadi PT Bakrie Sumatra Plantations Tbk menyusul akuisisi saham Uniroyal Sumatra Plantations.

Dimana pada tahun 1990 perusahaan ini mulai berekspansi ke banyak bisnis kelapa sawit dan mendirikan proyek Greenfield sebagai bisnis penjualan produk susunya.

Pada tahun 2021 di bulan Juni Bakrie Sumatra Plantations mampu mencatatkan pendapatan sebesar Rp 1,77 triliun atau meningkat 56%. naik dari pendapatan Rp 1,14 triliun pada periode yang sama tahun lalu.

Daftar Perkebunan Kelapa Sawit Di Sumatera Selatan

Sejumlah perusahaan kelapa sawit terbesar di Indonesia telah membuktikan bahwa bisnis kelapa sawit merupakan bisnis yang layak karena mampu menghasilkan keuntungan yang tinggi. Oleh karena itu, emiten minyak sawit yang terdaftar merupakan pilihan bisnis yang layak sebagai sarana investasi ekuitas.

Daftar Nama Perusahaan Kelapa Sawit Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *