Cara Membuka Usaha Modal Kecil – Home / Blog / Partner / Tips Bisnis / 20 Ide Bisnis Desa Modal Kecil dan Keuntungannya

Tidak hanya kota besar yang menjadi pusat bisnis Jakarta, kawasan pedesaan juga merupakan wilayah yang memiliki potensi besar untuk berkembangnya berbagai jenis usaha. Melimpahnya sumber daya alam, ketersediaan lahan dan kehidupan masyarakat yang masih sangat bergantung pada tenaga kerja manusia menjadikan kawasan pedesaan atau pastoral sebagai tempat yang ideal untuk memulai usaha.

Cara Membuka Usaha Modal Kecil

Cara Membuka Usaha Modal Kecil

Usaha apa yang bisa dilakukan dengan modal lebih sedikit di desa dan bisa menguntungkan? Berikut rekomendasi beberapa ide bisnis di desa yang bisa menjadi inspirasi bagi pebisnis UMKM.

Yuk Coba, 5 Ide Usaha Kuliner Modal Kecil Dan Cara Memulainya

Bisnis jualan pulsa merupakan salah satu ide bisnis modal kecil di desa dan menguntungkan. Semakin canggihnya telepon seluler, kebutuhan pulsa dan kuota internet pun semakin meningkat. Maka tidak mengherankan jika semakin banyak agen pinjaman yang membuka diri untuk memenuhi permintaan masyarakat yang terus meningkat.

Anda yang ingin memulai bisnis di desa sebaiknya mencoba bisnis ini. Pasalnya, usaha ini masuk dalam kategori usaha modal kecil, namun keuntungan yang didapat cukup besar.

Menariknya, bisnis kredit ini memiliki pasar yang luas dan mencakup seluruh lapisan ekonomi masyarakat. Oleh karena itu, usaha penjualan pinjaman tidak hanya diminati di kota-kota besar, tetapi juga merupakan usaha yang menguntungkan di pedesaan karena dibutuhkan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Sedangkan keuntungan dari bisnis pinjaman bisa mencapai lakh setiap bulannya. Perlu diketahui, keuntungan utama diperoleh dari selisih penjualan kredit. Misalnya, setiap transaksi memberi Anda keuntungan sebesar Rp 2.000. Setiap hari ada 20 transaksi, jadi keuntungan hariannya adalah Rp 40.000 dan keuntungan bulanannya adalah Rp 1.600.000.

Peluang Usaha Modal Kecil Tahun 2023 Yang Menjanjikan

Saat ini masyarakat mulai menggunakan sistem listrik prabayar atau dengan kata lain token listrik. Tak hanya di perkotaan, masyarakat di pedesaan pun sudah mulai aktif menggunakan token listrik. Oleh karena itu, ide bisnis modal kecil di desa bisa menjadi bisnis penjualan token listrik yang menguntungkan. Selain itu, risiko dalam jenis bisnis ini minimal.

Hampir mirip dengan bisnis pulsa, tidak ada syarat khusus untuk menjadi penjual atau reseller token listrik. Anda hanya perlu mencari distributor token listrik PLN di dekat daerah tempat tinggal Anda. Misalnya rata-rata keuntungan per transaksi adalah Rp 3.000. Jika setiap harinya bisa mendapatkan 10 pelanggan, maka keuntungan per harinya adalah Rp 30.000. Dalam satu bulan anda bisa mendapatkan keuntungan sebesar 30.000 x 30 Rp = 900.000 Rp. Ingin lebih banyak manfaat? Anda bisa menjual paket data, pulsa, dan token listrik sekaligus untuk mendapatkan lebih banyak transaksi.

Warung sembako atau biasa disebut toko kelontong merupakan salah satu ide bisnis di pedesaan yang banyak diminati.

Cara Membuka Usaha Modal Kecil

Oleh karena itu, usaha warung sembako ini pasti akan sangat menguntungkan apabila anda bisa mengelolanya dengan baik karena dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat desa. Bahkan, rata-rata pendapatan harian bisnis kelontong bisa mencapai Rp300.000 per hari lho!

Ide Usaha Sampingan Di Rumah Untuk Karyawan Yang Menjanjikan

Keuntungan lain dari membuka usaha ini adalah kemudahan mendapatkan stok barang, lokasi usaha sangat fleksibel, dapat dilakukan di rumah (tanpa memakan tempat sewa), perhitungan keuntungan jelas dan juga salah satu jenis usaha yang dapat terus berkembang hingga menjadi usaha grosir.

Jenis usaha ini merupakan peluang usaha di desa yang mempunyai potensi jangka panjang. Apalagi jika Anda memiliki keterampilan merias wajah, rambut, atau perawatan tubuh. Namun, jika Anda tidak memiliki keterampilan ini, tidak perlu khawatir karena saat ini ada banyak kursus pelatihan terjangkau yang tersedia untuk mempersiapkan seseorang menjalankan bisnis tata rias sendiri.

Dijalankan sebagai jenis bisnis pedesaan, bisnis ini dapat dijalankan secara fleksibel, baik pelanggan datang kepada kami atau calon pelanggan meminta kami untuk datang kepada mereka. Jika ingin keuntungan lebih, Anda juga bisa menawarkan jasa penyewaan kebaya atau pakaian adat lainnya untuk beberapa acara. Ini akan membuat layanan salon rumah Anda lebih populer dan menghasilkan lebih banyak keuntungan. Layanan salon rumahan ini menawarkan beragam layanan dengan harga berbeda mulai dari Rp 25.000 untuk potong rambut. Jika Anda bisa mengajak 50 orang dalam sebulan, Anda bisa mendapatkan minimal Rp 1.250.000/bulan.

Umumnya desa atau pedesaan terkenal dengan hasil pertaniannya yang melimpah. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menggunakan bahan pertanian tersebut.

Ide Usaha Makanan Kekinian Modal Kecil 2023

Contoh bisnis makanan olahan yang bisa Anda coba antara lain keripik, acar, permen, atau produk makanan ringan lainnya. Untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis ini, Anda bisa mengambil 30-40% margin keuntungan atau bisa mencapai puluhan lakh per bulan tergantung harga dan jumlah barang yang dijual di pasaran.

Bukan hanya makanan olahan. Jajanan tradisional selalu mendapat tempat di hati masyarakat, baik di desa maupun di kota. Bagi Anda yang memiliki keahlian memasak atau membuat kue bisa memulai usaha jajanan tradisional seperti pisang coklat, surabi, kue pankong, kue lapis, mendut, onde-onde, dll.

Sarapan tradisional jenis ini dengan variasi yang berbeda-beda memiliki segmen pasar yang luas. Mulai dari individu, bisnis hingga kelompok untuk acara tertentu. Oleh karena itu, memasarkan bisnis ini tidaklah sulit. Modal yang dibutuhkan juga relatif rendah, mudah berkembang melalui pemasaran dengan bantuan reseller dan peminatnya tidak pernah kekurangan. Jika satu kue rata-rata terjual seharga 3.000 rubel, maka sehari Anda bisa membuat 200 kue, artinya dalam sebulan Anda bisa meraih omzet sebesar Rp 600.000 x 30 hari = Rp 18.000.000.

Cara Membuka Usaha Modal Kecil

Usaha minuman dan makanan ringan selalu mempunyai pangsa pasar yang besar di desa. Mengoleksi budaya selalu menjadi kegiatan rutin yang dilakukan masyarakat pedesaan. Untuk itu peluang usaha berupa bisnis kafe di pedesaan menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa menjual minuman cepat saji seperti kopi, teh, berbagai jenis es, jus buah segar bahkan teh jahe.

Cara Memulai Usaha Dengan Modal Minim

Sedangkan untuk jajanan, Anda bisa menjual jajanan seperti keripik singkong, keripik tempe, gorengan atau kue tradisional. Juga bubur kacang hijau, nasi kuning, dan mie instan matang. Modal yang dibutuhkan untuk membuka kafe pinggir jalan tidak terlalu besar. Dengan Rp 10 juta Anda bisa membeli gerobak atau menyewa kios kecil di pinggir jalan pedesaan dan peralatan penjualan lengkap. Dengan perkiraan 40 orang per hari x Rp 10.000 (pembelian harian), penjual bisa mendapat penghasilan kurang lebih Rp 12.000.000 per bulan!

Selain produk pangan olahan, permintaan penjualan tanaman hias pun tidak pernah berkurang hingga saat ini. Bukan hal yang aneh jika semakin banyak penduduk kota yang mengunjungi pedesaan pada akhir pekan, di mana terdapat kemungkinan untuk pembibitan tanaman hias. Oleh karena itu, budidaya tanaman hias merupakan usaha yang menjanjikan di desa saat ini.

Usaha ini termasuk dalam usaha produktif desa karena cukup mudah untuk mengembangkan usaha tanaman hias ini. Banyak jenis tanaman hias yang mudah ditanam karena kondisi lingkungan di desa yang mendukung. Selain itu, barang-barang dekoratif juga memiliki nilai jual kembali yang sangat tinggi, terutama di kota-kota besar. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih jenis tanaman hias yang populer dan tahan lama saat ditanam serta memiliki harga jual yang bagus. Keuntungan dari penjualan tersebut bahkan bisa mencapai Rp 10.000.000 per bulan.

Tidak hanya ditanam tanaman hias yang bunganya indah saja, daerah pedesaan juga terkenal dengan lahannya yang masih cukup luas dan subur sehingga sangat cocok untuk mengembangkan usaha perbenihan tanaman dalam jumlah banyak.

Cara Memulai Usaha Dari Nol Tanpa Modal Hingga Jadi Sukses

Jika Anda tertarik dengan bisnis peternakan ini, mulailah dengan memproduksi bibit tanaman yang berkualitas dan memberikannya kepada petani atau penggarap. Kisaran harga bibit yang ditawarkan juga cukup beragam, ada yang dibanderol mulai dari 25 ribu Idra, 35 ribu Idra, 50 ribu Idra, hingga 100 ribu Idra per paket. Dimana setiap paket memiliki berat 10 gram atau kurang lebih 2.000 biji.

Meningkatnya permintaan tanaman hias biasanya diikuti dengan permintaan berbagai jenis perlengkapan dari sektor usaha ini. Contohnya adalah alat-alat pertanian seperti alat tanam, pot, pupuk, pestisida dll yang bisa anda manfaatkan sebagai lahan usaha di desa.

Anda juga bisa mendiversifikasi usaha ini, misalnya dengan membuat pot tanaman unik. Umumnya calon pembeli yang berasal dari perkotaan memilih barang dari pedesaan karena harganya yang relatif lebih murah dan kualitasnya yang baik.

Cara Membuka Usaha Modal Kecil

Usaha pembuatan perkakas merupakan salah satu contoh usaha yang cocok di pedesaan, karena usaha ini memiliki banyak pilihan bahan baku, mulai dari semen, tanah liat, plastik, kayu hingga porselen. Harga jualnya bisa bervariasi, mulai dari ukuran kecil Rp 20.000 hingga ukuran besar Rp 250.000, dengan perkiraan omzet Rp 5.000.000 per bulan.

Cara Memulai Usaha Toko Plastik Di Pedesaan Dengan Modal Kecil

Bahan baku berupa berbagai jenis kayu biasanya cukup mudah didapat di pedesaan atau pedesaan. Untuk itu jika Anda memiliki akses terhadap supplier kayu, Anda bisa membuka usaha pembuatan furniture dengan membuat kursi, meja, lemari atau berbagai produk hiasan dinding dari kayu.

Meskipun usaha pembuatan furnitur ini membutuhkan banyak modal untuk membeli bahan mentah, peralatan, dan mempekerjakan pekerja tambahan bila diperlukan, kerajinan furnitur merupakan bisnis pedesaan yang menguntungkan karena pasarnya tidak hanya menjangkau kota-kota besar di negara tersebut, namun juga terdapat peluang untuk mengekspor furnitur. , Luar negeri.

Teknologi digital semakin memungkinkan pengusaha furnitur pedesaan untuk memasarkan furnitur yang mereka buat, serta memfasilitasi komunikasi dengan pemasok dan calon pelanggan. Banyak pengusaha furnitur yang juga bekerja sama di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *