Cara Membuat Chart Persentase Di Excel – Microsoft Excel memiliki banyak kegunaan. Salah satunya adalah membuat grafik dari data. Sederhananya, bagan adalah gambar berbentuk kotak yang membantu Anda memvisualisasikan data. Namun, tidak jarang orang masih bingung ketika diminta melakukan hal tersebut. Sebenarnya cara membuat grafik di Microsoft Excel itu mudah lho! Anda harus mengikuti langkah-langkah dalam artikel ini untuk membantu Anda menyelesaikan tugas dengan mudah.

Namun sebelumnya perlu Anda pahami bahwa grafik tidak memiliki bentuk. Setiap bagan atau diagram mempunyai tipe yang bergantung pada sifat data yang dimasukkan. Nah sebelum kita masuk ke pembuatan chart di microsoft excel, kita akan menjelaskan terlebih dahulu jenis-jenis chart yang ada di microsoft excel, mulai dari excel 2007, 2010, 2013 hingga yang terbaru.

Cara Membuat Chart Persentase Di Excel

Cara Membuat Chart Persentase Di Excel

Berikut langkah-langkah membuat grafik di Microsoft Excel. Cara ini dibuat dalam bentuk langkah-langkah. Yuk tonton sampai habis!

Pivot Chart, Membuat Grafik Di Excel Pada Pivot Table

Langkah pertama adalah memilih data yang ingin Anda tampilkan pada grafik. Anda biasanya dapat memilih bagian tabel yang ingin Anda tampilkan pada grafik. Gambar di bawah menunjukkan data pendapatan semester pertama tahun ini. Jika Anda ingin memasukkan semua data, blokir semua. Namun, jika Anda hanya menginginkan data tertentu, Anda dapat memilih tabel dan kolom yang Anda inginkan.

Setelah memilih data yang diinginkan, pilih Sisipkan dari bilah menu di pojok kiri atas. Anda kemudian akan melihat ikon untuk beberapa tipe grafik. Jika Anda ingin melihat jenis grafik dengan jelas, Anda dapat memilih Rekomendasi Grafik. 

Dengan berbagai pilihan grafis. Untuk melihat seluruh pilihan grafik, Anda dapat memilih semua grafik. Kemudian akan muncul semua tipe grafik di Excel untuk Anda pilih.

. Namun Anda perlu mengatur posisi dan ukurannya agar tabel data tidak terganggu. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah dengan menggerakkan kursor ke bagian grafik lalu klik dan drag. Untuk mengubah ukuran bagan, seret kursor ke sudut bagan.

Cara Membuat Grafik Di Excel

Anda kemudian dapat mengubah nama atau judul bagan dengan mengklik teks di bagian atas bagan.

, bagi sebagian orang ada bagian yang hilang pada grafik yang sudah dibuat. Berikut beberapa cara bagi Anda yang ingin mengubah, menambah, atau mengurangi bagian grafik.

Elemen adalah bagian yang membuat bagan Anda lebih detail, seperti garis panduan, angka pada setiap batang, dan sebagainya. Untuk menambah atau menghapus elemen ini, klik pada grafik dan ikon (+) akan otomatis muncul di sebelah kanan. Maka Anda perlu menandai elemen yang ingin Anda tambahkan atau hapus.

Cara Membuat Chart Persentase Di Excel

Cara mengubah bentuk tampilan grafis tidak jauh berbeda dengan menambahkan elemen. Klik pada ikon kuas di sebelah grafik. Kemudian bentuk grafik yang berbeda muncul dalam pilihan gaya dan pilihan warna dalam pilihan warna.

Menambahkan Garis Tren Atau Rata Rata Bergerak Ke Bagan

. Contohnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini. Pada grafik Anda dapat melihat beberapa nilai, misalnya deret, yang merupakan nama bulan dan

Bagaimana caranya? Tidak sulit kan? Cara membuat grafik di Microsoft Excel. Bagi yang ingin meningkatkan kemampuannya, bagus

, langsung ke Akademi Keterampilan. Di Skill Academy tersedia kelas pelatihan dengan materi yang detail dan spesifik. Jadi tunggu apa lagi, ayo tingkatkan kemampuanmu di Skills Academy Microsoft Excel sangat berguna bagi masyarakat umum, namun banyak orang yang menganggap Microsoft Excel terlalu sulit untuk digunakan sehingga jarang menggunakannya! . Sebenarnya menggunakan software ini tidaklah sulit jika Anda sudah mengetahui fungsi-fungsi yang ada pada Microsoft Excel.

Jika ingin membuat grafik akan lebih mudah jika menggunakan microsoft excel, akan lebih mudah dalam mengolah data yang banyak dengan membuat grafik. Jika Anda tertarik dengan cara membuat grafik di Excel dengan mudah dan cepat, baca dulu ulasannya di bawah ini.

Pembuat Diagram Lingkaran Gratis

Jika Anda sudah mahir menggunakan excel maka kerja keras pun akan selesai dengan cepat, masih banyak orang yang belum memahami cara menggunakan excel yang benar. Misalnya, suatu tugas pengelolaan data pasti akan memakan waktu lebih lama jika Anda tidak membuat grafik terlebih dahulu.

Jika suatu grafik dibuat maka datanya akan mudah dibaca dan untuk memahami grafik tersebut dengan mudah maka perlu menggunakan excel. Jika Anda belum mengetahui cara membuat grafik di Excel, baca dulu penjelasan langkah-langkah membuat grafik di bawah ini.

Inilah cara membuat grafik di excel yang tepat, tidak semudah di excel dibandingkan membuat grafik di aplikasi lain. Jadi, jika ada yang menganggap Excel sulit digunakan, jelas salah.

Cara Membuat Chart Persentase Di Excel

Pengolahan data sangat sulit jika diolah secara manual, proses pengolahan data menjadi lebih mudah jika diolah dengan membuat grafik terlebih dahulu. Jenis grafik yang bisa dibuat tidak hanya satu saja, melainkan banyak jenisnya. Jadi, selain mengetahui cara membuat grafik di Excel, penting juga untuk mengetahui jenis-jenis grafik.

Cara Membuat Chart Di Excel Melalui Menu Ini Lho

Kemudian Anda akan dapat melakukan semua yang Anda bisa menggunakan Excel. Aplikasi ini berbeda dengan aplikasi lainnya karena dengan excel tidak hanya satu grafik yang bisa dibuat, namun ada beberapa grafik yang bisa dibuat. Untuk mempelajari apa itu chart, berikut penjelasan lengkap cara membuat chart di Excel.

Banyak orang yang menggunakan diagram batang ini karena memudahkan semua orang dalam memahami data penelitian atau data keuangan. Diagram batang sendiri merupakan versi horizontal dari diagram kolom. Jika Anda ingin membuat label dengan teks besar, Anda dapat menggunakan diagram batang.

Meskipun bagan kolom ini sering digunakan oleh seseorang yang ingin membandingkan nilai berdasarkan kategori, batang vertikal sering digunakan untuk membandingkan nilai tersebut. Karena menggunakan batang, maka diagram ini sering disebut dengan diagram batang.

Diagram lingkaran selalu digunakan untuk menunjukkan kontribusi setiap nilai atau potongan terhadap satu lingkaran atau total. Bagan ini biasanya hanya menggunakan satu rangkaian data.

Cara Membuat Grafik Untuk Slide Presentasi Powerpoint

Grafik garis juga sering digunakan untuk memudahkan dalam menampilkan tren dari waktu ke waktu. Jika ingin membuat diagram garis, sebaiknya jangan menggunakan batangan melainkan gunakan diagram dengan label tanggal, teks, dan angka pada sumbu horizontal.

Scatter plot ini digunakan untuk membuat plot KSI agar data ilmiah KSI dapat ditampilkan dengan mudah nantinya. Dengan menggunakan grafik tersebut tentunya pengguna akan mengetahui hubungan antara variabel X dan I.

Bagan area adalah bagan garis yang memiliki area di bawah garis yang diisi warna. Jika ingin membuatnya, gunakan plot area bertumpuk agar perubahan nilainya dapat terlihat.

Cara Membuat Chart Persentase Di Excel

Bagan permukaan sangat berguna jika Anda ingin menemukan kombinasi terbaik dari dua kumpulan data. Misalnya data pada peta topografi, warna dan pola pada peta menunjukkan nilai yang serupa.

Cara Menghitung Persen Di Excel Untuk Berbagai Keperluan

Nama grafik saham berasal dari kata saham, karena grafik ini sering digunakan untuk mengetahui berapa harga saham. Selain itu, dapat digunakan untuk menganalisis berbagai jenis data seperti bobot, suhu, dan tenaga mesin.

Bagan gelembung ini tidak berbeda dengan bagan sebar karena merupakan variasi dari sebar. Jika titik sebar digunakan, gelembung akan digantikan oleh gelembung ucapan, dan dimensi data tambahan juga dibuat dalam ukuran gelembung.

Seperti diagram sebar, gelembung tidak menggunakan sumbu persegi, sumbu vertikal dan horizontal seperti sumbu nilai. Untuk nilai yang ditampilkan pada diagram gelembung ini, tidak hanya nilai Ks dan nilai I yang diplot, tetapi juga nilai Z.

Berbeda dengan grafik lainnya, donat ini menampilkan data dalam bentuk cincin. Setiap dering mewakili rentang data, dengan setiap dering menambahkan hingga 100% jika ditampilkan pada label data persentase.

Visualisasi Capaian Target Dengan Chart Unik Excel

Bagan radar atau bagan laba-laba adalah metode grafis yang digunakan untuk menampilkan data multivariat dalam bentuk grafik dua dimensi yang berisi tiga variabel kuantitatif. Posisi relatif dan sudut sumbu biasanya tidak informatif.

Demikian penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis grafik yang dapat dibuat dengan menggunakan Microsoft Excel. Setiap jenis grafik mempunyai peran dan fungsi yang berbeda-beda, jadi sebelum Anda membuatnya, sebaiknya ketahui terlebih dahulu kegunaannya. Jika iya maka grafik yang dihasilkan tentu akan akurat dan informatif. Berikut beberapa cara sederhana membuat grafik di Excel., Jakarta Cara membuat persentase di Excel akan membantu Anda dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai statistik, diskon pusat perbelanjaan, persentase suku bunga, jumlah penduduk dan bidang kehidupan lainnya sering menggunakan persentase.

Persentase dilambangkan dengan %, dimana persentase ini sama dengan seperseratus. 40% sama dengan 40/100. Persentase biasanya digunakan untuk mendeskripsikan data dalam bentuk persentase. 

Cara Membuat Chart Persentase Di Excel

Rumus sederhana untuk menghitung persentase adalah persentase sama dengan jumlah seluruh bagian kemudian dikalikan dengan 100%. Cara membuat persentase di excel sangat berguna untuk mengolah data numerik.

Mengenal Data Visualization Dan Cara Membuatnya

Dengan beberapa rumus Anda dapat menyelesaikan penghitungan angka secara singkat. Cara membuat persentase di excel ini sangat mudah diterapkan dan pastinya berguna untuk aktivitas pengolahan data angka Anda. Senin (4/12/2021) Rangkuman dari berbagai sumber tentang cara pembuatan persentase.

Cara membuat persentase di excel dapat dilakukan dengan menampilkan atau menerapkan format persentase pada lembar kerja excel. Untuk menerapkan format persentase dengan cepat ke sel yang dipilih, Anda dapat mengklik ikon ‘%’ di grup Angka pada tab Beranda atau tekan Ctrl+Shift+%.

Jika Anda menerapkan metode persentase ke angka yang sudah ada di lembar kerja, Excel akan mengalikan angka tersebut dengan 100 untuk mengubahnya menjadi persentase. Misalnya, jika sel berisi angka 10, Excel akan mengalikan angka tersebut dengan 100, artinya angka yang Anda masukkan akan berubah menjadi 1000,00% setelah menerapkan format persentase.

Untuk menampilkan persentase secara akurat, sebelum memformat angka sebagai persentase, pastikan angka tersebut dihitung sebagai persentase dan ditampilkan dalam format desimal.

Membuat Diagram Lingkaran Untuk Data Secara Gratis

Persentasenya dihitung dengan menggunakan persamaan Jumlah/Jumlah = Persentase. Misalnya, jika sel memiliki rumus =10/100,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *